JOBSHEET
ME-RESET SISTEM
INJEKSI SEPEDA MOTOR
|
Nama Program Pelatihan |
: |
Service Sepeda Motor |
|
Kode Unit |
: |
G.45TSM01.019.2 |
|
Judul Unit |
: |
Melakukan Perawatan Sistem Injeksi |
|
|
|
|
A.
Judul
me-reset
sistem injeksi sepeda motor.
B.
Tujuan
Peserta kompeten me-reset
sistem injeksi pada sepeda motor sesuai dengan prosedur/ Buku Pedoman Reparasi.
C.
Landasan teori
Reset sistem injeksi
sepeda motor adalah proses mengembalikan unit kontrol elektronik (ECU) dari
sistem injeksi bahan bakar ke pengaturan awal atau default dari pabrik. Ini
biasanya dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada
mesin atau untuk memastikan kinerja optimal setelah melakukan perawatan atau
penggantian komponen.
Fungsi dari melakukann reset sistem injeksi adalah untuk
mengapus kode kerusakan, mengembalikan pengaturan default Ecu, kelaibrasi ulang
sensor, mengatasi masalah kiinerja mesin, meningkatkan efisiensi bahan bakar
serta dapat menjaga stabilitas dan performa mesin. Cara me-reset sistem injeksi pada sepeda motor Supra
X 125 FI adalah sebagai berikut:
1.
Melepaskan
penutup tengah/ cover center.
2.
Lepaskan
konektor dummy dari DLC.
3.
Hubung
singkatkan terminal-terminal DLC dengan menggunakan SCS Connector.
4.
Putar kunci
kontak ke ON kemudian lepaskan SCS Connector dari DLC.
5.
MIL akan
menyala selama kira-kira 5 detik. Sementara
MIL menyala, hubung singkatkan lagi terminal-terminal DLC dengan special
tool. Memori self-diagnosis terhapus jika MIL mati dan mulai berkedip.
D.
Peralatan dan bahan
1.
Unit Sepeda Motor
2.
Buku
Pedoman Reparasi
3.
General
tools
4.
SCS
Connector.
5.
Nampan
Stainless
6.
Kain Lap
E.
Petunjuk kegiatan praktik
1.
Instruktur
menjelaskan petunjuk pelaksanaan kegiatan praktek meliputi prosedur,
kenyamanan, kebersihan, dan keselamatan ketika melakukan praktikum.
2.
Instruktur menfasilitasi
kegiatan praktik dan memberikan bimbingan kepada peserta selama kegiatan
praktik berlangsung.
3.
Peserta
pelatihan dapat bertanya kepada instruktur dan dapat mendiskusikan beberapa hal
yang memungkinkan dibahas bersama dengan sesama peserta pelatihan.
4.
Instruktur
memberikan umpan balik terhadap hasil latihan praktik peserta pelatihan.
F.
Langkah kerja
|
GAMBAR KERJA : LOKASI DLC DAN GAMBAR POLA KEBERHASILAN RESET
SISTEM INJEKSI |
1.
Persiapkan
Buku Pedoman Reparasi, pastikan BPR tersebut sesuai dengan unit sepeda motor
yang akan diukur tegangan batrainya.
2.
Persiapkan SCS
Connector dan pastikan alat tersebut berfungsi dengan baik.
3.
Persiapkan general
tools dan pastikan dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan.
4.
Posisikan
sepeda motor pada standar tengah dan kunci kontak dalam kondisi OFF.
5.
Lepaskan
cover center/ penutup tengah
6.
Lepaskan
konektor dummy [1] dari DLC [2].
7.
Hubung
singkatkan terminal-terminal DLC dengan menggunakan SCS Connector.
8.
Putar kunci
kontak ke ON.
9.
Lepaskan SCS
Connector dari DLC.
10. MIL akan menyala selama kira-kira 5 detik.
Sementara MIL menyala, hubung
singkatkan lagi terminal-terminal DLC dengan special tool. Memori
self-diagnosis terhapus jika MIL mati dan mulai berkedip.
11. Pasang semua komponen dengan urutan terbalik
dari pelepasan.
12.
Bersihakan
peralatan dan area kerja.



Komentar
Posting Komentar