Jobsheet

 

JOBSHEET

ME-RESET SISTEM INJEKSI SEPEDA MOTOR

 

Nama Program Pelatihan

:

Service Sepeda Motor

Kode Unit

:

G.45TSM01.019.2

Judul Unit

:

Melakukan Perawatan Sistem Injeksi

 

 

 

 

 

 

 



A.   Judul

 

me-reset sistem injeksi sepeda motor.

 

B.    Tujuan

 

Peserta kompeten me-reset sistem injeksi pada sepeda motor sesuai dengan prosedur/ Buku Pedoman Reparasi.

 

C.    Landasan teori

 

Reset sistem injeksi sepeda motor adalah proses mengembalikan unit kontrol elektronik (ECU) dari sistem injeksi bahan bakar ke pengaturan awal atau default dari pabrik. Ini biasanya dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada mesin atau untuk memastikan kinerja optimal setelah melakukan perawatan atau penggantian komponen.

Fungsi dari melakukann reset sistem injeksi adalah untuk mengapus kode kerusakan, mengembalikan pengaturan default Ecu, kelaibrasi ulang sensor, mengatasi masalah kiinerja mesin, meningkatkan efisiensi bahan bakar serta dapat menjaga stabilitas dan performa mesin. Cara me-reset sistem injeksi pada sepeda motor Supra X 125 FI adalah sebagai berikut:

1.         Melepaskan penutup tengah/ cover center.

2.         Lepaskan konektor dummy dari DLC.

3.         Hubung singkatkan terminal-terminal DLC dengan menggunakan SCS Connector.

4.         Putar kunci kontak ke ON kemudian lepaskan SCS Connector dari DLC.

5.         MIL akan menyala selama kira-kira 5 detik. Sementara    MIL menyala, hubung singkatkan lagi terminal-terminal DLC dengan special tool. Memori self-diagnosis terhapus jika MIL mati dan mulai berkedip.

 

D.   Peralatan dan bahan

 

1.         Unit Sepeda Motor

2.         Buku Pedoman Reparasi

3.         General tools

4.         SCS Connector.

5.         Nampan Stainless

6.         Kain Lap

 

 

E.    Petunjuk kegiatan praktik

 

1.         Instruktur menjelaskan petunjuk pelaksanaan kegiatan praktek meliputi prosedur, kenyamanan, kebersihan, dan keselamatan ketika melakukan praktikum.

2.         Instruktur menfasilitasi kegiatan praktik dan memberikan bimbingan kepada peserta selama kegiatan praktik berlangsung.

3.         Peserta pelatihan dapat bertanya kepada instruktur dan dapat mendiskusikan beberapa hal yang memungkinkan dibahas bersama dengan sesama peserta pelatihan.

4.         Instruktur memberikan umpan balik terhadap hasil latihan praktik peserta pelatihan.

 

 

 

 

 

 

 

F.    Langkah kerja

 

 

GAMBAR KERJA : LOKASI DLC  DAN GAMBAR POLA KEBERHASILAN RESET SISTEM INJEKSI

                                            

1.         Persiapkan Buku Pedoman Reparasi, pastikan BPR tersebut sesuai dengan unit sepeda motor yang akan diukur tegangan batrainya.

2.         Persiapkan SCS Connector dan pastikan alat tersebut berfungsi dengan baik.

3.         Persiapkan general tools dan pastikan dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan.

4.         Posisikan sepeda motor pada standar tengah dan kunci kontak dalam kondisi OFF.

5.         Lepaskan cover center/ penutup tengah

6.         Lepaskan konektor dummy [1] dari DLC [2].

7.         Hubung singkatkan terminal-terminal DLC dengan menggunakan SCS Connector.

8.         Putar kunci kontak ke ON.

9.         Lepaskan SCS Connector dari DLC.

10.     MIL akan menyala selama kira-kira 5 detik. Sementara    MIL menyala, hubung singkatkan lagi terminal-terminal DLC dengan special tool. Memori self-diagnosis terhapus jika MIL mati dan mulai berkedip.

11.     Pasang semua komponen dengan urutan terbalik dari pelepasan.

12.     Bersihakan peralatan dan area kerja.

Komentar